Minggu, 09 Desember 2012

Meningitis dapat menyebabkan Cacat Mental hingga Meninggal





Penyakit Meningitis (radang selaput otak) umumnya menyerang anak-anak. Meningitis merupakan radang yang mengenai sebagian atau semua lapisan selapaut otak sampai sumsum tulang belakang atau jaringan syaraf yang ada di dalam tulang belakang. penyakit ini bisa menyerang semua usia, dari Bayi hingga Manula.

Penyebab meningitis bermacam-macam, bisa disebakan karena jamur, protozoa, virus dan bakteri. meningitis akibat jamur, protozoa dan virus disebut serosa, dan yang disebabkan oleh bakteri dikenal dengan sebutan purulenta. 

Meningitis juga bisa terjadi karena rambatann dari penyakit lain, misalnya infeksi pada telinga bagian dalam, radang paru,dan lain-lain. Anak-anak sangat berisiko terserang meningitis karena berkaitan dengan tingkatan higienis pribadi. Radang selaput otak pada anak harus diwaspadai karena gejalanya tidak jelas dan sulit dideteksi, salah satunya karena anak tidak bisa mengutarakan keluhannya. Meningitis yang terjadi pada orang dewasa biasanya terjadi akibat virus hemophilid influenza tipe b (Hib0, pneumococc dan meningococc.

Gejala meningitis antara lain :

1. Suhu Tubuh meninggi
2. Tengkuk kaku
3. Sakit kepala hebat
4. Takut cahaya
5. Kesadaran menurun

Serangan meningitis harus segera diatasi, terlebih jika menimpa anak-anak. Perkembangan anak dapat terganggu, bisa kemungkinana menderita cacat mental, bahkan mengancam jiwa anak.

sekian infonya, moga bermanfaat.  

Tidak ada komentar :

Posting Komentar